Menjaga Kesehatan Saat Usia 40 Tahun Ke Atas

Life begin is fourty sering dikatakan banyak orang. Hal tersebut biasanya berhubungan dengan masalah karir atau prestasi pekerjaan seseorang. Lain halnya dengan masalah kesehatan, malah berlaku sebaliknya yaitu penurunan kesehatan seseorang bisa dimulai dari usia 40 Tahun. Benar tidaknya diperlukan penelitian mendalam, cuma kalau menjaga kesehatan sebenarnya tidak perlu mengingat usia, berapapun usia seseorang, menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting. 
Langkah yang disarankan untuk dilaksanakan adalah:
1.  Lakukan pemeriksaan umum (general check up) secara rutin
Pemeriksaan rutin minimal 6 bulan sekali, akan dapat mengetahui permasalahan kesehatan seseorang secara lebih awal. Mengetahui permasalahan kesehatan lebih awal akan memberikan kesempatan kepada yang bersangkutan untuk melakukan pengobatan dan mencegah penyakit menjadi lebih parah.  Sengaja membiarkan masalah kesehatan/penyakit tidak diketahui lebih awal adalah bukan tindakan yang benar dan berpotensi merugikan karena dapat mengakibatkan pengobatan penyakit menjadi terlambat dan susah diobati sehingga bisa tidak tertolong lagi. Wallahualam, umur manusia ada yang mengatur tapi yang pasti ikhitiar harus dioptimalkan. Apabila dari hasil pemeriksaan umum ditemukan masalah kesehatan, lakukan pengobatan sampai tuntas.   

2.  Makanlah makanan yang sehat bergizi
Pada usia 40 tahun, makanan tertentu yang tidak cocok untuk kesehatan seseorang (sesuai kondisi kesehatannya) harus mulai dikurangi atau dijauhi, walaupun makanan tersebut mengandung gizi yang banyak.  Contoh makanan tersebut adalah daging sapi,kambing dan buah duren serta makanan lain yang mengandung lemak/protein/karbohidrat berlebih. Selain itu sebaiknya kurangi makanan yang mengandung zat pengawet,pewarna,penyedap,pemanis. Makanan yang harus dijauhi termasuk makanan yang disarankan dokter untuk dijauhi berdasarkan kondisi kesehatan.

3.  Lakukan olahraga sesuai kondisi secara teratur
Kemampuan melakukan olahraga untuk usia di atas 40 tahun, berbeda sekali dengan usia dibawahnya. Melakukan olah raga yang menguras keringat dan tenaga tidak disarankan. Lakukan olah raga ringan misal jalan kaki minimal satu jam di pagi atau sore hari minimal 3 kali seminggu secara teratur. Selain itu ikuti saran dokter untuk melakukan olahraga yang sesuai kondisi kesehatan.

4.  Jaga kesehatan mental dan spiritual
Kata para ahli, penyakit itu bisa ditimbulkan dari pemikiran dan mental seseorang, misal penyakit maag, hypertensi,sakit kepala  bisa disebabkan oleh stres yang berkepanjangan. Selain itu kata ahli agama penyakit juga bisa disebabkan oleh emosi berlebihan, ketidaksabaran dan ketidakikhlasan dalam menjalani kehidupan ataupun hubungan tidak baik dengan keluarga atau sesama.  Jagalah kesehatan mental dan spiritual dengan selalu berpikiran positip, optimis, berusaha selalu bersabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Yakinlah bahwa kita hanya mahluk atau hamba, kemampuan yang diberikan oleh Yang Maha Pencipta hanya bisa ikhtiar setelah itu bertawakal kepada Yang Maha Kuasa karena Yang Maha Kuasa telah mengatur dan menentukan segalanya.  Jangan pernah berprasangka tidak baik kepadaNya. Sekali lagi tugas kita di dunia hanyalah berikhtiar jadi janganlah kita mencoba menentukan hasilnya, karena kalau hal itu dilakukan akan mengakibatkan stres berkepanjangan dan banyak mengidap penyakit.  Yang tak kalah pentingnya kita harus selalu bersyukur, menjaga ahlak dan rajin beribadah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar